Rabu, 09 November 2011

Seminar Nasional dan Workshop Keperawatan Matra


Sejak kesehatan diketahui merupakan salah satu dari kebutuhan dasar setiap umat manusia (WHO 1946), maka berbagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan telah banyak diselenggarakan. Salah satu dari upaya tersebut yang dinilai mempunyai peranan yang cukup penting adalah penyelenggaraan kesehatan (Blum, 1976). Adapun yang dimaksud dengan pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang menyelenggarakan sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok serta masyarakat (Cevey and Loomban, 1974).
Semakin majunya perkembangan zaman akibat meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka cenderung meningkatkan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang serba berubah dan kondisi demikian kemungkinan akan menimbulkan dampak yang merugikan terhadap kesehatan, baik fisik maupun mental. Salah satu cabang ilmu kesehatan / kedokteran yang mempelajari / menangani / membina individu / sekelompok individu / masyarakat terpajan dilingkungan yang menimbulkan dampak kesehatan adalah ilmu kesehatan matra.
Salah satu misi untuk mencapai visi Indonesia sehat 2011 adalah memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan bermutu, merata dan terprogram termasuk upaya kesehatan matra.
Untuk dapat melaksanakan upaya kesehatan matra secara profesional dan bermutu, perlu didukung dengan sumber daya manusia yang terlatih / profesional, ditunjang oleh sarana / fasilitas yang memadai dan mendukung kegiatan lain yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar